Text
Pengembangan media buku flanel cerdas (Buflace) untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak 4-5 tahun : penelitian karya inovatif di lingkungan TK Islam Sabilia Duren Sawit Jakarta Timur
PENGEMBANGAN MEDIA BUKU FLANEL CERDAS (BUFLACE)
UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR SIMBOLIK
ANAK 4-5 TAHUN
(2019)
Luwis Asmarani
ABSTRAK
Penelitian karya inovatif ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media buku flanel cerdas (BUFLACE) untuk meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak 4-5 tahun. Pengembangan ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang memiliki lima tahap pengembangan. Penilaian pada penelitian pengembangan ini menggunakan skala likert 1-4. Dari hasil uji coba tersebut diperoleh rata-rata keseluruhan penilaian ahli media dengan nilai 3,5 , rata-rata keseluruhan penelitian ahli materi dengan nilai 4, dan hasil uji coba terbatas pada anak memperoleh nilai 3,6. Sehingga memperoleh nilai rata rata keseluruhan 3,75. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan mengembangkan media buku flanel cerdas (BUFLACE) dapat meningkatkan kemampuan berpikir simbolik anak 4-5 tahun. Implikasi hasil penelitian ini adalah bahwa pengembangan media buku flanel cerdas (BUFLACE) dapat dijadikan sebagai alternatif untuk meningkatkan kekmampuan berpikir simbolik anak usia 4-5 tahun. Tetapi disesuaikan dengan materi, fasilitas, kesiapan guru, dan anak. Pengembangan media buku flanel cerdas (BUFLACE) ini memberikan masukkan bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini yang ingin mengembangkan sebuah media pembelajaran khususnya untuk mengembangkan kemampuan berpikir.
Kata Kunci : Berpikir Simbolik, Media Buku Flanel, Penelitian Karya Inovatif
SS00019496 | SK 19496 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain