Text
Pengaruh kemampuan menulis terhadap kesiapan sekolah pada anak usia 5-6 tahun : ex-post facto di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Bekasi, jawa Barat
PENGARUH KEMAMPUAN MENULIS TERHADAP KESIAPAN SEKOLAH PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN
(Penelitian Ex-post Facto di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat)
(2019)
ADZMIRA MARSHA ANINDYTA
ABSTRAK
Adzmira Marsha Anindyta. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data empiris tentang “Pengaruh Kemampuan Menulis Terhadap Kesiapan Sekolah Pada Anak Usia 5-6 Tahun”. PG-PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksankan di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi, pada bulan Januari-Februari 2019 di TK Setyara Wardani dan TK As Shafa. Metode yang digunakan adalah penelitian metode Ex-post Facto. Sampel penelitian sebanyak 32 anak usia 5-6 tahun kelompok B. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen untuk observasi kemampuan menulis dan kesiapan sekolah anak usia 5-6 tahun. Berdasarkan hasil perhitungan thitung = 16,65 > ttabel = 1,70. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari pengaruh Kemampuan menulis terhadap keesiapan sekolah pada anak usia 5- 6 tahun di Kelurahan Jatisari, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi.
Kata kunci: Kemampuan Menulis, Kesiapan Sekolah Anak Usia 5-6 Tahun
SS00019495 | SK 19495 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain