Text
Meningkatkan kepercayaan diri melalui kegiatan menggambar ekspresif pada anak usia 4-5 tahun : penelitian tindakan kelas di RA Yaniic, Sukapura Jakarta Utara
MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI MELALUI KEGIATAN
MENGGAMBAR EKPRESIF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
(Penelitian Tindakan Kelas di RA YANIIC, Sukapura, Jakarta Utara)
(2019)
Titin Anggraeni
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan
diri anak usia 4-5 tahun di RA YANIIC melalui kegiatan menggambar
ekspresif. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang
dilakukan selama 2 siklus yang setiap siklusnya terdiri atas perencanaan,
tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah anak
usia 4-5 tahun di RA YANIIC sebanyak 15 anak. Pengumpulan data
dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan, catatan wawancara,
dan data dokumentasi. Analisis data kuantitatif yang digunakan dalam
penelitian ini menyatakan bahwa hasil akhir dari ketercapaian tindakan
sebesar 71%. Analisis pada siklus pertama terhadap terhadap
kepercayaan diri anak kelompok A meningkat menjadi 66.66%.
Prosentase kepercayaan diri mengalami peningkatan, namun belum
mencapai 71%. Dengan demikian penelitian dilanjutkan pada siklus
kedua. Analisis prosentase data pada akhir siklus kedua meningkat
menjadi 93.33%. Berdasarkan prosentase ketercapaian hasil dari
penelitian ini, maka dapat dinyatakan bahwa hipotesis diterima dan
penelitian dihentikan. Maka dapat disimpulkan bahwa kegiatan
menggambar ekspresif dapat meningkatkan kepercayaan diri anak usia 4-
5 tahun.
Kata Kunci : Kepercayaan Diri, Kegiatan Menggambar Ekspresif
SS00019386 | SK 19386 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain