Text
Meningkatkan hasil belajar muatan IPA melalui model siklus belajar (learning cycle) 5E pada peserta didik kelas V SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL SIKLUS BELAJAR (LEARNING CYCLE) 5E PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN GONDANGDIA 01 JAKARTA PUSAT
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat)
(2019)
Siska Putri Aulia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan hasil belajar melalui model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E pada peserta didik kelas V-B SDN Gondangdia 01 Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan pada semester II, tahun ajaran 2018-2019 pada muatan IPA materi panas dan perpindahannya. Desain penelitian ini adalah desain penelitian tindakan kelas model siklus Kemmis dan Taggart. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II dengan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen hasil belajar IPA dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik serta instrumen pemantau tindakan model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Hasil dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik dari siklus I hingga siklus II. Hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif menunjukkan peningkatan pada pra siklus 16%, siklus I 64%, dan siklus II 100%. Hasil belajar peserta didik dalam ranah afektif menunjukkan peningkatan pada siklus I 75% dan siklus II 100%. Hasil belajar peserta didik dalam ranah psikomotorik menunjukkan peningkatan pada siklus I 69% dan siklus II 100%. Data hasil pemantau tindakan aktivitas guru dan peserta didik melalui model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E juga menunjukkan peningkatan pada siklus I 82% dan siklus II 93%. Hasil ini menunjukkan bahwa model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik pada materi panas dan perpindahannya.
Kata kunci : Hasil Belajar IPA, Hasil Belajar Ranah Kognitif, Hasil Belajar Ranah Afektif, Hasil Belajar Ranah Psikomotorik, Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E
SS00019391 | SK 19391 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.009) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain