Text
Meningkatkan hasil belajar IPS dengan strategi active learning tipe active knowledge sharing pada siswa kelas IV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur : studi penelitian tindakan kelas
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DENGAN STRATEGI ACTIVE LEARNING TIPE ACTIVE KNOWLEDGE SHARING PADA SISWA KELAS IV SDN UTAN KAYU 16 PAGI JAKARTA TIMUR
(Studi Penelitian Tindakan Kelas 2018)
Rani Julia
ABSTRAK
Tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah meningkatkan hasil belajar IPS melalui Strategi Active Learning tipe Active Knowledge Sharing pada siswa kelas lV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur pada semester 1 tahun pelajaran 2018/2019. Jenis metodelogi penelitian ini adalah model siklus kemmis dan Mc. Tagagart, dan setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan , dan refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah tercapainya target yang telah ditetapkan oleh peneliti dan kolaborator . Pada siklus 1, hasil belajar siswa menunjukan persentasi sebesar 77,41% sehingga dinyatakan belum tuntas karena belum mencapai 80% dari jumlah siswa yang bisa mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 70. Pada siklus 2, hasil yang dicapai adalah 93,54%. Dengan kata lain 29 dari 31 Siswa Kelas IV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur memperoleh nilai hasil belajar minimal 70 atau lebih. Instrumen pemantau tindakan guru pada siklus1 sebesar 75% meningkat pada siklus 2 yaitu sebesar 95%. Instrumen pemantau tindakan siswa pada siklus 1 sebesar 75% meningkat pada siklus 2 menjadi 90%. Dengan demikian, tercapailah sudah target yang diharapkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Penerapan Strategi pembelajaran Active Learnig tipe Active knowledge sharing dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Utan Kayu 16 Pagi Jakarta Timur. Oleh karena itu guru perlu merancang pembelajaran dengan menggunakan strategi Active learning tipe Active knowledge sharing secara optimal, sehingga tujuan pembelajaran yang ditargetkan bisa tercapai.
Kata Kunci : Starategi Active Knowledge Sharing, Hasil Belajar IPS
SS00019383 | SK 19383 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain