Text
Pengaruh metode student team achievement division terhadap hasil belajar operasi hitung perkalian siswa kelas III SD Negeri Rawa Bunga 11
PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG PERKALIAN MATEMATIKA SISWA KELAS III SD NEGERI RAWA BUNGA 11 JAKARTA TIMUR
(2019)
Syifa Mufidah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat pengaruh dari metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap hasil belajar operasi hitung perkalian pada kelas III SD Negeri Rawa Bunga 11. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen semu dengan desain One Group Pretest – Posttest Design. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Rawa Bunga 11 pada bulan September sampai Oktober 2018. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar siswa. Sampel penelitian sebanyak 32 siswa dengan menggunakan teknik Sampling Purposive. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t menggunakan rumus Paired T-test dengan taraf signifikansi 0,05 karena data penelitian telah memenuhi uji persyaratan analisis yaitu normalitas dan homogenitas varian. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa metode STAD mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar peserta didik kelas III pada materi operasi hitung perkalian. Berdasarkan perhitungan melalui uji – t didapatkan hasil nilai thitung sebesar 10,847 dan ttabel sebesar 2,042 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan demikian penerapan metode STAD pada materi operasi hitung perkalian berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa dan juga membantu siswa untuk terlibat aktif, menambah kemandirian dan tanggung jawab, meningkatkan kerja sama serta memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan bermakna.
Kata Kunci : Metode, Student Team Achievement Division, Hasil Belajar, Operasi Hitung Perkalian, Sekolah Dasar.
SS00019403 | SK 19403 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain