Text
Pengembangan ular tangga pop up materi sumber energi pada mata pelajaran IPA kelas II sekolah dasar : penelitian pada siswa kelas II SDN Utan kayu Utara 11 Pagi
PENGEMBANGAN ULAR TANGGA POP UP MATERI SUMBER ENERGI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS II SEKOLAH DASAR
Syifa Faizzati Ramadhany
ABSTRAK
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk permainan ular tangga pop up. Permainan ini sebagai media pembelajaran yang dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sumber energi kelas II Sekolah Dasar. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengikuti prosedur model pengembangan Baker & Schutz, yakni 1) Formulasi Produk, 2) Spesifikasi Pembelajaran, 3) Uji Coba Soal, 4) Pengembangan Produk, 5) Uji Coba Produk, 6) Revisi, dan 7) Analisis Operasi. Evaluasi pada penelitian pengembangan produk ini dilakukan melalui expert review, one to one, small group, dan field test. Tahap expert review melibatkan 1 orang ahli materi, 1 orang ahli media, dan 1 orang ahli desain pembelajaran. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 3,90. Tahap one to one permainan diuji cobakan kepada 2 orang siswa dengan kemampuan pemahaman akademik yang berbeda. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 10. Tahap small group, permainan ini diuji cobakan kepada 4 orang siswa. Nilai rata-rata yang diperoleh pada tahap ini sebesar 10. Tahap terakhir adalah field test, permainan diuji cobakan kepada 30 orang siswa. Pada tahap ini diperoleh nilai rata-rata awalnya sebesar 64,22 meningkat menjadi 84,22. Dari hasil-hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga pop up materi sumber energi mata pelajaran IPA kelas II dikatakan sangat baik.
Kata kunci: IPA, Pengembangan, Pop Up, Sekolah Dasar, Ular Tangga
SS00019398 | SK 19398 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain