Text
Efektivitas pembelajaran sentra pada labs aku ingin tahu : penelitian evaluatif di TK B Labschool Jakarta 2018
EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SENTRA PADA LABS AKU INGIN TAHU
(Penelitian Evaluatif Di TK B Labschool Jakarta Tahun 2018)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran sentra bahan alam dengan mengacu pada lima komponen pembelajaran, yaitu tujuan, materi, metode, media, dan evaluasi. Penelitian dilakukan pada labs aku ingin tahu di TK B Labschool Jakarta. Model penelitian evaluasi yang digunakan adalah model Context, Input, Proccess, Product (CIPP) yang dikembangkan oleh Stufflebeam, dengan fokus penelitian pada evaluasi proses. Metode yang digunakan adalah metode evaluasi dengan pendekatan deskriptif evaluatif, dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran sentra bahan alam pada labs aku ingin tahu cenderung sangat efektif dengan sejumlah masukan. Diantaranya terkait dengan ketersediaan dokumen inventaris media pembelajaran, kutipan sumber metode pembelajaran yang dipilih, serta kegiatan asesmen pembelajaran di labs aku ingin tahu.
Kata kunci: efektivitas pembelajaran, labs aku ingin tahu
SS00019396 | SK 19396 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain