Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar muatan IPA di kelas IV sekolah dasar Kelurahan Guntur
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR KELURAHAN GUNTUR
(2019)
Sabina Primaningtyas
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap hasil belajar muatan IPA di kelas IV SD kelurahan Guntur sebanyak 62 orang. Pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain posttest only control design. Pengumpulan data dilakukan dengan penskoran hasil belajar dan kemudian dianalisis menggunakan uji-t, berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,41 dan ttabel = 1,67 pada dk=60 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga Hi diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran group investigation terhadap hasil belajar muatan IPA siswa kelas IV SD. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dapat dijadikan salah satu upaya untuk mengembangkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD.
Kata kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation, Hasil Belajar Muatan IPA, Siswa Sekolah Dasar
SS00019427 | SK 19427 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain