Text
Peningkatan mutu pendidikan di SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur
PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN DI SMP ISLAM AL-AZHAR 12 RAWAMANGUN JAKARTA TIMUR
Dara Fusfita Sari
ABSTRAK
Penelitian dilaksanakan di SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur, bertujuan untuk mengetahui proses peningkatan mutu pendidikan di sekolah tersebut. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2018 hingga Januari 2019. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Sumber data yaitu: Wakil Direktorat Dikdasmen YPI Al-Azhar Pusat, Kasi Kurikulum Dikdasmen YPI Al-Azhar Pusat, Kepala sekolah SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun, dan beberapa informan pendukung lainnya seperti pendidik dan peserta didik.
Peningkatan mutu pendidik dan peserta didik SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun yaitu dengan cara melaksanakan berbagai program yang ditujukan kepada pendidik seperti pembinaan guru OSN HOTS dan pembinaan kemampuan bahasa Arab untuk guru. Adapun program untuk peserta didik diantaranya: Cambridge, Immersion, dan Pesantren Alam (SALAM) Program-program tersebut merupakan program wajib yang harus dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah.
Dengan adanya program-program tersebut diharapkan dapat meningkatkan mutu bagi pendidik maupun peserta didik di SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun Jakarta Timur.
Kata kunci : Peningkatan mutu pendidikan, Peningkatan mutu pendidik dan peserta didik, SMP Islam Al-Azhar 12 Rawamangun.
SS00019421 | SK 19421 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain