Text
Pengaruh modul pembelajaran motor listrik berbasis 3D Pageflip terhadap hasil belajar mata pelajaran instalasi motor listrik
ABSTRAK
PULUNG REJEKI GINTING, PENGARUH MODUL PEMBELAJARAN
MOTOR LISTRIK BERBASIS 3D PAGEFLIP TERHADAP HASIL
BELAJAR, Skripsi, Jakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Jakarta 2018,
Dosen Pembimbing: Drs. Purwanto Gendroyono, MT dan Imam Arif Raharjo,
S.Pd., MT
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar mata pelajaran
instalasi motor listrik antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan modul 3D
pageflip dengan kelompok siswa yang dibelajarkan dengan media powerpoint di
SMK Dinamika Pembangunan Jakarta
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dan
desain penelitian faktorial dengan membagi dua kelas menjadi empat kelompok.
Subjek dalam Penelitian ini adalah siswa kelas XI semester genap program
keahlian Teknik Ketenagalistrikan di smk Dinamika pembangunan dengan jumlah
sempel sebanyak 64 siswa yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data
berbentuk tes akhir berupa soal pilihan ganda untuk hasil belajar instalasi motor
listrik.
Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siswa yang menggunakan modul 3D
pageflip lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan media
powerpoint.berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t pada hasil belajar
Instalasi Motor Listrik diperoleh thitung sebesar 44,0938. Nilai ttabel dengan taraf
signifikan 5% sebesar 4,54 sehingga hasil perhitungan uji-t diperoleh thitung > ttabel.
Kesimpulan Hi diterima yang artinya terdapat perbedaan pada hasil belajar
Instalasi Motor Listrik siswa kelas XI Teknik Ketenagalistrikan SMK Dinamika
Pembangunan Jakarta yang dibelajarakan menggunakan modul 3D pageflip
dangan yang dibelajarkan dengan powerpoint
Kata kunci: modul 3D pageflip
SS00019208 | SK 19208 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain