Text
Perilaku konsumtif terhadap barang mewah (hypebeast) dalam perspektif pendidikan keluarga
ABSTRAK
Syfa Wardah Sakinah, Perilaku Konsumtif Terhadap Barang Mewah (Hypebeast) dalam Perspektif Pendidikan Keluarga. Jakarta: Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Fakultas Teknik. Universitas Negeri Jakarta 2019. Dosen Pembimbing: Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi, M.Kes dan Rasha, S.Pd, M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perspektif pendidikan keluarga pada perilaku konsumtif terhadap barang mewah (hypebeast). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Responden pada penelitian ini adalah remaja usia 18-25 tahun, berstatus sosial atas-atas, dan memiliki, mengenakan barang-barang mewah/ hype. Pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa ketiga responden berperilaku konsumtif, faktor budaya, kelas sosial, pribadi, dan psikologis sebagai faktor penyebab perilaku konsumtif terutama faktor budaya. Dalam membeli barang mewah tiga responden menunjukan motif emosional dan dua responden menunjukan motif petronage. Satu responden menunjukan aspek motif dalam perilaku konsumtif, tiga responden menunjukan aspek kemutakhiran mode, dan satu responden menunjukan aspek inferiority complex. Didapatkan juga dua responden kurang diberikan pendidikan karakter dalam keluarga dan tiga responden kurang diberikan pendidikan spiritual dalam keluarga.
Kata Kunci : Hypebeast, Pendidikan Keluarga, Perilaku Konsumtif.
SS00019200 | SK 19200 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain