Text
Pengembangan pembelajaran blended learning pada mata kuliah ekonomi teknik di Prodi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Mauda Fragena Raihan. Pengembangan Pembelajaran Blended Learning pada
Mata Kuliah Ekonomi Teknik di Prodi Pendidikan Teknik Bangunan
Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik
Bangunan, Fakultas Tenik, Universitas Negeri Jakarta. 2019
Penelitian dilatarbelakangi oleh masih minimnya penggunaan website pada
pembelajaran formal di Prodi Pendidikan Teknik Bangunan yang berbanding
terbalik dengan kehidupan mahasiswa yang sangat dekat dengan internet,
khususnya website itu sendiri. Penelitian ini merupakan sebuah penelitian
pengembangan yang bertujuan menghasilkan desain pembelajaran blended
learning pada mata kuliah Ekonomi Teknik dengan bantuan media berupa website
moodle ver. 3.4.2.
Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode
ASSURE. Penelitian menggunakan instrument non-tes berupa angket yang
digunakan untuk pengumpulan data atau uji validasi produk yang dikembangkan.
Ahli yang terlibat dalam pengujian produk di antaranya ahli desain instruksional,
ahli media dan ahli materi, serta disertakan penilaian dari mahasiswa yang
mengambil mata kuliah Ekonomi Teknik pada semester genap Tahun Ajaran
2017/2018.
Hasil validasi menunjukkan bahwa produk pembelajaran blended learning
mata kuliah Ekonomi Teknik layak untuk digunakan/dikembangkan dengan
beberapa saran dan masukkan yang diberikan. Selain validasi yang dilakukan oleh
ahli tersebut, mahasiswa juga memberikan intepretasi baik pada produk
pembelajaran. Berdsasarkan hasil validasi tersebut makan dapat disimpulkan
bahwa pembelajaran blended learning pada mata kuliah Ekonomi Teknik di Prodi
Pendidikan Teknik Bangunan sudah baik dan layak digunakan.
Kata kunci: blended learning, Ekonomi Teknik, moodle.
SS00019231 | SK 19231 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain