Text
Efektivitas penggunaan media pembelajaran interaktif mata kuliah teori dan praktik plumbing di Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Azhar Fahreza. Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Pada
Mata Kuliah Teori Dan Praktik Plumbing Di Program Studi S1 Pendidikan
Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi
Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan media
pembelajaran interaktif ditinjau dari prestasi dan minat, perilaku belajar
mahasiswa pada mata kuliah Teori dan Praktik Plumbing.
Penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini
adalah mahasiswa yang mengambil mata kuliah plumbing pada semester ganjil
(109) 2018/2019 dengan jumlah 83 mahasiswa yang terdiri dari proses
pembelajaran teori dan praktik. Penelitian ini dilakukan dengan metode pretest,
posttest, group discussion dengan membagi dua kelompok pembelajaran yaitu
kelompok eksperimen dengan multimedia interaktif dan kelompok kontrol dengan
powerpoint dan video. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer berupa pengamatan awal, tanya jawab, catatan
harian pengajar, kuisioner, dan catatan hasil observasi dan data sekunder berupa
hasil tes, hasil tugas kelas, dan rumah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen memiliki
hasil pembelajaran yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Pada
pembelajaran teori hasil pretest dan posttest pada kelas kontrol mendapatkan ratarata
nilai 42 dan 69 yang berarti terjadi peningkatan nilai sebesar 27 sedangkan
pada kelas eksperimen mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari kelas kontrol
yaitu sebesar 46 pada pretest dan 80 pada posttest sehingga peningkatannya jauh
lebih besar dibandingkan kelas eksperimen sebesar 34 serta didukung oleh hasil
uji-t dimana Ho ditolak dan Ha diterima. Bedasarkan hal tersebut penggunaan
multimedia interaktif lebih efektif dibandingkan pembelajaran dengan powerpoint
dan video. Pada segi minat dilihat dari kuisioner, saran dan tanggapan yang
disebarkan sudah meningkatkan minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran.
Selain itu diperoleh hasil lain dalam penelitian ini bahwa multimedia interaktif
masih dibuthkan banyak pengembangan dari aspek materi, penulisan, tampilan,
video, dan quiz.
Kata kunci: Efektivitas, Minat Mahasiswa, Multimedia Interaktif
SS00019246 | SK 19246 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain