Text
Analisis tingkat kepuasan konsumen dengan metode servqual : studi kasus pada konsumen MUA Depok yang menggunakan Instagram sebagai media penghubung
ABSTRAK
Rara Chintya Paramita,Analisis Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Servqual (Studikasus pada Konsumen Makeup Artist Depok). Skripsi. Jakarta. Program Studi Pendidikan Tata Rias, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2019.
Kepuasan konsumen merupakan hal terpenting yang harus dicapai dalam suatu pelayanan jasa. Hal ini dikarenakan apabila para konsumen merasa tidak puas dengan pelayanan yang diberikan, maka tidak menutup kemungkinan pelanggan tidak akan kembali menggunakan jasa. Adanya kondisi tersebut menuntut agar pihak penyedia jasa berusaha melakukan pengukuran kepuasan konsumen agar mengetahui secara detail variabel-variabel apa saja dalam suatu layanan yang dapat membuat konsumen merasa tidak puas. Setelah mengetahui detail permasalahan yang muncul maka dilakukan upaya perbaikan dengan menggunakan metode Servqual, dimana suatu kualitas pelayanan Servqual tersebut akan dinilai berdasarkan lima dimensi yakni dimensi bukti fisik, empati, kehandalan, cepat tanggap, dan jaminan. Penelitian ini menggunakan kuisioner dan melibatkan 100 responden sebagai sample penelitian. Penelitian ini dilakukan pada konsumen makeup artist Depok dengan hasil nilai kepuasan konsumen sebesar 4,403 dengan nilai harapan maksimal yaitu 5, maka gap yang didapat adalah -0,597 sehingga masih jauh dari taraf kesalahan nol.
Kata kunci : Metode Servqual, Kepuasan konsumen, kualitas pelayanan
SS00019273 | SK 19273 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.003) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain