Text
Pengaruh interaksi sosial dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta
ABSTRAK
Fadzal Ikhtiar. 5115134316. Pengaruh Interaksi Sosial dan Motivasi Belajar
terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro
Universitas Negeri Jakarta. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik
Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2019. Dosen Pembimbing:
Dr. Soeprijanto, M.Pd dan Dr. Daryanto, MT.
Keberhasilan suatu proses pendidikan dapat ditentukan oleh tinggi rendahnya
prestasi belajar mahasiswa yang dapat dilihat dari nilai evaluasi belajar, baik nilai
evaluasi di setiap semester maupun rekapitulasi nilai Indeks Prestasi Kumulatif
(IPK). Dalam Prodi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Jakarta,
memiliki rata-rata IPK sebesar 3,1. Angka tersebut jauh dari angka 3,50
(cumlaude). Hal tersebut terjadi karena prestasi belajar dipengaruhi berbagai faktor
diantaranya interaksi sosial dan motivasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah
untuk mengetahui: (1). Pengaruh langsung antara interaksi sosial terhadap prestasi
belajar mahasiswa; (2). Pengaruh langsung antara motivasi belajar terhadap prestasi
belajar mahasiswa
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yaitu metode survey dengan
pendekatan kausal dan subjek penelitian (responden) tidak dimanipulasi atau
diberikan perlakuan khusus oleh peneliti. Populasi yang digunakan dalam
penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro pada tahun
ajaran 2017/2018 semester 2 yang terdiri dari 415 mahasiswa, dan sampel yang
diambil sebanyak 80 mahasiswa dengan menggunakan teknik simple random
sampling. Proses pengumpulan data didapat dari data primer hasil pengisian
instrumen penelitian berupa kuesioner dengan menggunakan skala Likert dan data
sekunder berupa IP mahasiswa dari UPT TIK Universitas Negeri Jakarta. Data yang
telah terkumpul diolah dengan menggunakan analisis jalur (path analysis), setelah
data memenuhi persyaratan normal, homogen, signifikan dan linier dengan taraf
kesalahan 10%.
Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa: (1). Nilai koefisien jalur
( ) sebesar 0,223 dengan thitung = 2,052 pada α = 0,1 diperoleh ttabel = 1,29. Karena
nilai thitung = 2,052 > ttabel =1,29, maka koefisien jalur signifikan. Dari perhitungan
disimpulkan bahwa interaksi sosial berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar.
(2). Nilai koefisien jalur ( ) sebesar 0,229 dengan thitung = 2,082 pada α = 0,1
diperoleh ttabel = 1,29. Karena nilai thitung = 2,082 > ttabel =1,29, maka koefisien jalur
signifikan. Dari perhitungan disimpulkan bahwa motivasi belajar (X2) berpengaruh
langsung terhadap prestasi belajar (Y).
Kata Kunci : Interaksi Sosial, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar.
SS00019261 | SK 19261 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain