Text
Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) melalui model pembelajaran Means End Analysis (MEA) pada siswa kelas V SD : penelitian tindakan kelas di SDN Ulujami 06 Pagi Jakarta Selatan
PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS)
MELALUI MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA)
PADA SISWA KELAS V SD
(Penelitian Tindakan Kelas di SDN Ulujami 06 Pagi Jakarta Selatan)
(2019)
SYIFA ANDINI
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar
muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) meelalui model pembelajaran Means
Ends Analysis (MEA) pada peserta didik kelas V SD. Penelitian tindakan kelas
ini dilaksanakan di SDN Ulujami 06 Pagi Jakarta Selatan. Subjek dari penelitian
ini adalah peserta didik kelas V yang berjumlah 26 peserta didik dengan 10
peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Model penelitian
tindakan kelas yang digunakan pada penelitian ini adalah model Kemmis dan
Mc. Taggart dengan tahapan penelitian, yaitu perencanaan, tindakan,
observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
tes, observasi, dokumentasi, dan catatan lapangan. Penelitian ini dilakukan
sebanyak II siklus setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan dengan alokasi waktu
setiap pertemuan 2x35 menit. Hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini
adalah peningkatan hasil belajar muatan IPS melalui model pembelajaran
Means Ends Analysis (MEA). Hasil belajar muatan IPS pada siklus I ranah
konigtif mencapai 54%, ranah afektif mencapai 58% dan ranah psikomotorik
mencapai 46% dan pada siklus II meningkat menjadi 100%.Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa hasil belajar muatan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat
meningkat melalui model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA).
Kata kunci: Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Hasil Belajar
IPS
SS00019458 | SK 19458 | UPT Perpustakaan UNJ | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain