Text
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) untuk pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SEKOLAH DASAR
(2019)
Nurmala Sagita Suryadi
ABSTRAK
Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sebuah produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang layak untuk pembelajaran matematika di kelas IV sekolah dasar. LKPD ini berisi kegiatan menemukan konsep matematika pada materi Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dengan langkah-langkah yang sederhana serta melatih kemampuan HOTS peserta didik. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, penulisan, dan evaluasi. Penelitian dilaksanakan di SDN Kebon Baru 09 Jalan Asem Baris II Jakarta Selatan terhadap peserta didik kelas IV. Hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa LKPD berorientasi HOTS sangat layak digunakan dengan mendapat penilaian expert review rata-rata sebesar 90% dengan kategori sangat layak dan field trials kepada peserta didik sebesar 92,3% dengan kategori sangat layak.
Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik, Matematika, Higher Order Thinking Skills
SS00019455 | SK 19455 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain