Text
Pengaruh model learning cycle 7E (elicit, engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation, extended) terhadap berpikir kritis dalam muatan IPA pada peserta didik kelas V SDN di Kelurahaj Ciracas
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 7E (ELICIT, ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION, EXTENDED) TERHADAP BERPIKIR KRITIS DALAM MUATAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SD NEGERI DI KELURAHAN CIRACAS (Studi Penelitian Eksperimen Kelurahan Ciracas Jakarta Timur) (2019) Syifaun Nahdiah ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E Terhadap Berpikir Kritis Dalam Muatan IPA Pada Peserta Didik Kelas V, pada pokok bahasan panas dan perpindahannya, semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciracas 10, Jakarta Timur. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 32 untuk kelas eksperimen dan peserta didik pada kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk uraian bebas yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t-test. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut memperoleh nilai t-hitung sebesar 3,21031 sedangkan t-tabel pada taraf signifikasi 0,05 dan dk = 62 adalah sebesar 1,671, maka dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yang berarti hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Learning Cycle 7E terhadap berpikir kritis dalam muatan IPA pada peserta didik kelas V SD. Kata kunci : Learning Cycle 7E, Berpikir Kritis, Direct Instruction
SS00019414 | SK 19414 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain