Text
Pengaruh model learning cycle 5E (engagement, exploration, explanation, elaboration, evaluation) terhadap pemahaman konsep muatan IPA pada peserta didik kelas V SDN di Kelurahan Ciracas
PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E (ENGAGEMENT, EXPLORATION, EXPLANATION, ELABORATION, EVALUATION) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MUATAN IPA PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN DI KELURAHAN CIRACAS
(Studi Penelitian Eksperimen Kelurahan Ciracas Jakarta Timur)
(2019)
Heny Rahmawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data empiris tentang Pengaruh Model Learning Cycle 5E (Engagement, Exploration, Explanation, Elabora-tion, Evaluation) terhadap pemahaman konsep muatan IPA pada peserta di-dik kelas V SDN di Kelurahan Ciracas , pada pokok bahasan panas dan per-pindahannya, semester 2 tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciracas 05 Pagi, Jakarta Timur. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Sampel penelitian berjumlah 31 peserta didik untuk kelas eksperimen dan 30 peserta didik untuk kelas kontrol. Pengum-pulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen tes berbentuk pilihan ganda yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Data posttest dari kelas eksperimen dan kelas kontrol dianalisis menggunakan uji normalitas, ho-mogenitas, dan uji t-test. Analisis data menggunakan uji-t, kedua kelompok tersebut memperoleh nilai t-hitung sebesar 2,355 sedangkan t-tabel pada ta-raf signifikasi 0,05 dan dk = 55 adalah sebesar 1,671, maka dapat dikatakan bahwa t-hitung > t-tabel yang berarti hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Learning Cycle 5E terhadap pemahaman konsep muatan IPA pada peserta didik kelas V SDN di Kelurahan Ciracas
Kata kunci : Learning Cycle 5E, Pemahaman Konsep, Ekspositori
SS00019418 | SK 19418 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain