Text
Pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan dengan pendekatan saintifik kelas II di SMPN 195 Jakarta
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN
DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK KELAS II DI SMPN 195 JAKARTA
2019
Khairul Arifin
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran
pendidikan kewarganegaraan dengan pendekatan saintifik di kelas II SMPN
195 Jakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dari
penelitian ini yaitu pendidik PKN kelas II, peserta didik kelas II, dan Wakil
Kepala Sekolah.
Instrumen penelitian ini menggunakan pedoman observasi, pedoman
wawancara dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis
data menggunakan teknik deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran pendidikan
kewarganegaraan dengan pendekatan saintifik kelas II di SMPN 195 Jakarta
yaitu dilaksanakan secara keseluruhan dengan berpedoman Peraturan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 103 Tahun
2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan
Menengah, yang meliputi 5 tahap yaitu: mengamati, menanya, mencoba,
menalar, dan mengomunikasikan.
Kata kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan,
Pendekatan Pembelajaran saintifik.
SS00019461 | SK 19461 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain