Text
Peningkatan pemahaman lambang bilangan melalui penggunaan media kartu angka anak usia 4-5 : penelitian tindakan kelas di TK Hang Tuah IV Pasar Minggu Jakarta Selatan
PENINGKATAN PEMAHAMAN LAMBANG BILANGAN
MELALUI MEDIA KARTU ANGKA ANAK USIA 4-5
(Penelitian Tindakan Kelas, di TK Hang Tuah IV Pasar Minggu, Jakarta Selatan)
(2019)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk pemhaman lambang bilangan pada anak usai 4-5 tahun di TK Hang Tuah IV Pasar Minggu, Jakarta Selatan melalui media kartu angka. Subjek pada penelitian ini adalah 11 anak yang berusia 4-5 tahun Kelompok A di TK Hang Tuah IV Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2019. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah Kelompok A di TK Hang Tuah IV Pasar Minggu, Jakarta Selatan yang pemahaman lambang bilangan masih rendah dengan jumlah sebanyak 11 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolaborator adalah 71% dari jumlah anak mengalami peningkatan. Hasil analisis data pada praintervensi didapat presentase 54,00%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 65,10% dengan keterangan bahwa semua anak mengalami peningkatan. Data yang dperoleh pada siklus I dijadikan acuan dalam melakukan tindakan pada siklus II untuk melihat kestabilan dan konsistensi peningkatan pemahaman. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 77,70% dengan keterangan semua anak mengalami penigkatan. Berdasarkan keberhasilan yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa pemahaman bilangan anak usia dini dapat meningkat dengan kegiatan media kartu angka menggunakan media nyata untuk pembelajarannya dan membangun motivasi.
Kata kunci : pemahaman lambang bilangan, media kartu angka
SS00019442 | SK 19442 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain