Text
Efektivitas e-learning berbasis moodle di SMK Karya Guna kelas XI TKJ II materi ajar praktik jaringan komputer
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE DI SMK KARYA GUNA KELAS XI TKJ II MATERI AJAR PRAKTIK JARINGAN KOMPUTER
ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melihat sejauh mana peserta didik dan guru menerima e-learning berbasis moodle pada SMK Karya Guna dalam proses pembelajaran kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang bertempat di SMK Karya Guna. Penelitian dilakukan sejak Agustus 2017 hingga Juli 2018. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas XI TKJ II dan guru TKJ SMK Karya Guna yang telah mengikuti mata pelajaran praktik jaringan komputer. Tahapan dari penelitian ini adalah penelitian terhadap produk yang telah ada, perencanaan pengembangan produk, pembuatan produk, uji coba produk, revisi produk dan implementasi. Penelitian ini diujikan kepada dosen ahli media, ahli e-learning, siswa dan guru. Hasil pengujian dari ahli media mendapatkan presentase 88%, oleh ahli e-learning sebesar 85,71%, oleh siswa dan guru kelompok besar yaitu 90% & 92,26%. Berdasarkan hasil uji tersebut, dapat disimpulkan bahwa e-learning berbasis moodle ini sesuai dan dapat diterima dengan baik untuk pembelajaran mata pelajaran praktik jaringan komputer.
Kata kunci: e-learning, moodle, TAM
SS00019334 | SK 19334 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.05.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain