Text
Manajemen pembelajaran akuntansi pada kurikulum 2013 di SMK Negeri 48 Jakarta
MANAJEMEN PEMBELAJARAN AKUNTANSI PADA KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI 48 JAKARTA
ATIKAH SURYANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen pembelajaran akuntansi pada kurikulum 2013 di SMK Negeri 48 Jakarta. Sub fokus penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran akuntansi, pelaksanaan pembelajaran akuntansi, evaluasi pembelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode dekskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, serta studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini meliputi; Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, dan Guru Akuntansi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa: (1) perencanaan pembelajaran akuntansi dilakukan dengan penyusunan silabus, RPP dan media pembelajaran yang sesuai dengan materi dan kebutuhan siswa. (2) pelaksanaan pembelajaran akuntansi dilakukan dengan penerapan pendekatan saintifik sesuai dengan model pembelajaran. (3) evaluasi pembelajaran akuntansi dilakukan dengan menggunakan penilaian autentik dan meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kata kunci: manajemen, pembelajaran akuntansi, kurikulum 2013
SS00019468 | SK 19468 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain