Text
Upaya meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun melalui kolase paper quilling : penelitian tindakan kelas di Taman Kanak-Kanak Islam Adz Dzikri Kebayoran Lama Jakarta Selatan tahun 2019
UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN KOLASE PAPER QUILLING
(Penelitian Tindakan Kelas di TK Islam Adz-Dzikri, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan)
(2019)
Nurul Inayah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Islam Adz-Dzikri, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, melalui kegiatan kolase paper quilling yang dilaksanakan pada bulan Januari-Februari 2019. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari anak-anak TK A yang berjumlah 10 orang anak, yaitu terdiri 6 laki-laki dan 4 perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan pada dua siklus. Masing-masing siklus terdapat perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing, dan refleksi (reflecting). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan non tes untuk memperoleh data mengenai pelaksanaan tindakan dan data keterampilan motorik halus anak yaitu melalui observasi berupa catatan lapangan, catatan dokumentasi, dan catatan wawancara serta pedoman penilaian keterampilan motorik halus. Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan kolase paper quilling dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak usia 4-5 tahun. Implikasi dari penelitian ini yaitu bahwa kegiatan kolase paper quilling dapat dijadikan bahan alternative dalam kegiatan di kelas maupun di sentra untuk dapat membantu meningkatkan keterampilan motorik halus anak dengan pelaksanaan yang bervariasi dan tidak membosankan.
Kata Kunci: Keterampilan Motorik Halus, Kegiatan Kolase Paper Quilling, Anak, Usia 4-5 Tahun
SS00019469 | SK 19469 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain