Text
Resiliensi guru BKB PAUD Ceria Indah : studi kualitatif deskriptif di PAUD Ceria Indah Malaka Jaya, Duren Sawit Jakarta Timur
RESILIENSI PADA GURU BKB PAUD CERIA INDAH
(Penelitian Deskriptif Kualitatif di Malaka Jaya, Duren Sawit, Jakarta Timur)
(2019)
Annisa Fitry1, Eriva Syamsiatin2, Nurjannah3
Email: fitryannisa48@gmail.com
Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Jakarta
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai gambaran resiliensi guru di BKB PAUD Ceria Indah, Malaka Jaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 – Januari 2019. Subjek penelitian adalah guru PAUD sebanyak tiga orang yang sudah mengajar di PAUD Ceria Indah selama 11 tahun. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis data Miles dan Huberman yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan Resiliensi pada guru PAUD Ceria Indah adanya tekad yang dimiliki guru melalui adanya rasa ingin tahu terhadap dunia anak, peluang untuk memajukan daerah melalui pendidikan, peluang mengembangkan usaha berdagang serta adanya motivasi bertahan dengan keikhlasan, kekeluargaan, tanggung jawab, bertambahnya ilmu PAUD, kecintaan terhadap pekerjaan, mengisi waktu luang, dan adanya harapan pada pemerintah terhadap kesejahteraan guru. Ketahanan guru terwujud dari adanya tantangan yang dihadapi dan upaya untuk menghadapi tantangan tersebut. Adaptabilitas guru terhadap perubahan dilakukan dilakukan dengan cara mempelajari ilmu baik secara teori maupun praktik dan upaya terhadap kondisi yang tidak terduga dilakukan dengan cara meluangkan waktu dan tenaga yang lebih untuk menyelesaikannya. Pemulihan yang dilakukan guru dalam menghadapi masalah adalah dengan cara diksusi dan saling mendukung satu sama lain serta adanya pandangan positif terhadap tantangan yang dihadapi. Strategi meningkatkan resiliensi guru ditemukan dari guru pendamping dan kepala sekolah.
Kata kunci : Resiliensi guru PAUD, ketahanan, strategi meningkatkan resiliensi
SS00019446 | SK 19446 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain