Text
Upaya meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Inggris melalui TPR (Total Physical Response) : penelitian tindakan kelas pada siswa kelompok A di TK Angkasa 7 Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur
UPAYA MENINGKATKAN PENGUASAAN KOSAKAT
A BAHASA INGGRIS
MELALUI TPR ( TOTAL PHYSICAL RESPONSE
(
Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelompok A di TK Angkasa 7 Halim
Perdanakusuma, Jakarta Timur)
(
Nisrina Zerlinda
ABSTRAK
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan
kosakata bahasa Inggris pada anak usia 4 5 tahun atau kelompok A yang
diberikan tindakan TPR ( Total Physical Response ). Responden dalam
penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Angkasa 7, Halim
Perdanakusuma, Jakarta Timur yang berjumlah 9 orang. Metode yang
digunakan yaitu penelitian tindakan kelas, dengan desain tindakan per siklus
melalui tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleks.
Pengumpulan data dilakukan dengan observa si, selain itu menggunakan
instrumen pengamat tindakan dan instrumen pedoman observasi. Data
dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Data kualitatif dianalisis dengan
tahapan reduksi data, display data, kesimpulan, verifikasi dan refleksi. Hasil
pene litian menunjukkan adanya peningkatakan penguasaan kosakata bahasa
Inggris pada anak kelompok A dengan menggunakan TPR. Peningkatan
penguasaan kosakata pada siklus I sebesar 64,25% dan meningkat lagi pada
siklus II sebesar 72,5%.
Kata kunci:
Total Physica l Response , gerak fisik total, kosakata bahasa
Inggris, pembelajaran bahasa Inggris, anak usia dini.
SS00019447 | SK 19447 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain