Text
Analisis kebutuhan kompetensi pedagogik guru SMA Negeri 59 Jakarta
ANALISIS KEBUTUHAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMA NEGERI 59 JAKARTA
Nanda Lorenza
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan menentukan intervensi untuk memenuhi kebutuhan kompetensi pedagogik berdasarkan hasil identifikasi kesenjangan yang terjadi pada guru SMA Negeri 59 Jakarta. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah 3 Fase Needs Assessment Witkin dan Altschuld. Fase yang dilalui meliputi fase pre-assessment, fase assessment, dan fase post-assessment. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan survei yang dilaksanakan di SMA Negeri 59 Jakarta. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan angket, observasi dokumen, dan melakukan wawancara. Data yang terkumpul dari angket dan observasi dokumen dianalisis dengan metode statistik deskriptif, sedangkan wawancara melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan Hasil penelitian dideskripsikan berdasarkan 3 fase, yaitu pre-assessment, assessment, dan post-assessment. Pada fase pre-assessment, peneliti menyiapkan apa yang diperlukan dalam kegiatan analisis kebutuhan. Fase assessment, peneliti melaksanakan kegiatan analisis kebutuhan berdasarkan hasil yang telah dilakukan pada fase pre-assessment. Fase post-assessment, peneliti memberikan hasil analisis kebutuhan kepada SMA Negeri 59 Jakarta. Penentuan intervensi dilakukan berdasarkan hasil identifikasi kesenjangan yang terjadi pada guru dalam memenuhi tujuh indikator kompetensi pedagogik.
Kata kunci: Analisis Kebutuhan; Guru; Intervensi; Kompetensi Pedagogik; Witkin dan Altschuld
SS00019449 | SK 19449 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain