Text
Pembelajaran membaca Al-Qur'an pada siswa tunagrahita ringan kelas XI : studi deskriptif di SLB Mekarsari 1 Cibinong
Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Pada Siswa Tunagrahita Ringan Kelas XI
(2019)
Fiky Nurul Aulia
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran membaca Al-Qur’an pada siswa tunagrahita di SLB Mekar Sari 1 Cibinong. Pendekatan yang digunakan, yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, dan studi dokumen. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman dengan tiga alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil temuan tujuan diadakannya pembelajaran agar siswa tunagrahita dapat membaca Al-Qur’an dengan benar. Metode pembelajaran yang digunakan Baghdadiyah dan pengulangan. Media yang digunakan kartu huruf hijaiyah, Al-Qur’an dan Juz ‘amma. Bentuk evaluasi yang dilakukan yaitu pengamatan guru yang berupa sikap siswa terhadap Al-Qur’an, kelancaran membaca dan ketepatan membaca. Faktor pendukung berupa dukungan dari orang tua, kesabaran guru dalam mengajar dan pihak luar yang membantu. Faktor penghambat berupa banyaknya siswa di dalam kelas sehingga pembelajaran menjadi tidak fokus dan kurang kondusif. Tunagrahita mampu membaca Al-Qur’an secara baik dan benar walaupun memiliki hambatan pada kognitif.
Kata Kunci : Pembelajaran Membaca Al-Qur’an, Tunagrahita
SS00019467 | SK 19467 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain