Text
Peran relawan dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak usia 7-8 tahun di "Sekolah Anak Bahari' : studi kualitatif di Komunitas Sekolah Anak Bahari Tanjung Kait Tangerang
PERAN RELAWAN DALAM MENUMBUHKAN KEPERCAYAAN DIRI ANAK USIA 7-8
TAHUN DI SEKOLAH ANAK BAHARI
(Studi Kualitatif di Sekolah Anak Bahari Tanjung Kait, Tangerang, Banten)
(2019)
ROSYIDATUL QOMARIAH
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai peran relawan
dalam menumbuhakn kepercayaan diri anak usia 7-8 tahun di Sekolah Anak
Bahari yang dilaksanakan pada bulan Desember 2018-Januari 2019.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan prosedur pengumpulan data
dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan reduksi data, display data dan verifikasi data.
Pemeriksaan data dilakukan dengan triangulasi. Temuan hasil
penelitian menunjukkan bahwa peran relawan dalam menumbuhkan
kepercayaan anak usia 7-8 tahun di Sekolah Anak Bahari mempunyai peran
yang cukup penting. Dengan kehadiran relawan di Sekolah Anak Bahari
merupakan salah satu upaya dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak usia
7-8 tahun. Perencanaan pembelajaran dibuat oleh relawan setiap minggu.
Metode yang digunakan adalah praktek langsung. Media yang digunakan
sangat bervariasi tergantung materi yang di ajarkan. Materi yang biasanya di
ajarkan ada matematika,bahasa, agama dan kesenian. Evaluasi di Sekolah
Anak Bahari hanya berbentuk lisan dan tidak ada raport khusus untuk
mencatat perkembangan anak. Dengan adanya relawan di Sekolah Anak
Bahari menunjukkan bahwa relawan memiliki peran penting dalam
menumbuhkan kepercayaan diri anak usia 7-8 tahun di Sekolah Anak Bahari
Tanjung Kait, Tangerang, Banten.
Kata kunci : Relawan, Kepercayaan Diri
SS00019436 | SK 19436 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain