Text
Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika berbasis pendekatan saintifik di kelas V SD semester 1
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) MATEMATIKA BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK
DI KELAS V SD SEMESTER 1
(Penelitian dan Pengembangan di SDN Jelambar 03 Pagi, Jakarta Barat dan SDN Setiabudi 01 Pagi, Jakarta Selatan)
(2019)
Wafiq Azizah
ABSTRAK
Jenis penelitian ini menggunakan R&D (Research and Development). Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Penekatan Saintifik di kelas V Sekolah Dasar sesuai dengan Kurikulum 2013 yang terus berkembang sesuai dengan tuntutan kebutuhan masyarakat dan perkembangan siswa. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan Borg & Gall yang diadaptasi oleh Dick & Carey dan Kempt, terdapat 9 tahapan, dalam tahap uji coba lapangan dilakukan pada dua sekolah yaitu SDN Jelambar 03 Pagi dan SDN Setiabudi 01 Pagi. Pada uji ahli, didapatkan nilai rata-rata 94,47% yang menunjukkan sangat baik, dan pada uji coba lapangan didapatkan nilai rata-rata 91,87% menunjukkan sangat baik. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD Matematika berbasis pendekatan saintifik layak untuk digunakan sebagai bahan ajar yang baik untuk tingkat sekolah dasar.
Kata Kunci: LKPD Matematika, Pendekatan Saintifik, Penelitian dan Pengembangan
SS00019435 | SK 19435 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain