Text
Sikap guru terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusi : survei di Taman Kanak-kanak di wilayah Jakarta Timur
SIKAP GURU TERHADAP PESERTA DIDIK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI
(Survei di Taman Kanak-kanak di Wilayah Jakarta Timur)
(2019)
Dzikri Padilah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap guru taman kanak-kanak terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di wilayah Jakarta Timur. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 8 sekolah taman kanak-kanak penyelenggara pendidikan inklusi. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random sampling untuk memperoleh sampel sekolah yang dijadikan tempat penelitian. Sampel dalam penelitian ini adalah 40 guru dari 8 sekolah yang telah dipilih peneliti secara acak. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif sederhana yang dibagi menjadi dua kelompok, yaitu benar dan salah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap guru taman kanak-kanak terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di sekolah penyelenggara pendidikan inklusif di wilayah Jakarta Timur 90% benar dan 10% salah.
Kata Kunci: Sikap Guru, Peserta Didik Berkebutuhan Khusus,
Pendidikan Inklusif
SS00019561 | SK 19561 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain