Text
Implementasi knowledge management model seci di Starbucks Coffee
IMPLEMENTASI KNOWLEDGE MANAGEMENT MODEL SECI DI STARBUCKS COFFEE
(2019)
Fitri Ismawati Rahayu
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan secara deskriptif implementasi knowledge management di Starbucks Coffee dengan menggunakan model SECI. Perancangan penelitian ini diadaptasi dari model yang dikembangkan oleh Nonaka & Takeuchi yang terdiri dari 4 indikator: Socialization, Externalization, Combination, Internalization. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Pengumpulan data yang dikakukan menggunakan teknik survey dengan penyebaran angket, wawancara, dan observasi dokumen. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Purposive Sampling dengan responden sebanyak 18 orang ( 6 coffee master, 6 coffee education team, 6 leader). Angket dianalisis dengan metode interpretasi uraian jawaban, sedangkan wawancara dengan uraian singkat. Data yang sudah didapat akan dikaitkan dengan tujuan program knowledge management untuk mengetahui penerapannya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa program knowledge management di Starbucks Coffee sudah diterapkan dengan baik berdasarkan keeampat indikator tersebut. Implikasi hasil penelitian adalah dapat dijadikan bahan pertimbangan guna meningkatkan efektivitas penerapan program knowledge management di Starbucks Coffee.
Kata Kunci: Penerapan, Knowledge Management, Model SECI, Starbucks Coffee, teknologi pendidikan.
SS00019559 | SK 19559 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain