Text
Persepsi guru sekolah dasar mengenai anak berkebutuhan khusus : survei di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor
PERSEPSI GURU SEKOLAH DASAR MENGENAI ANAK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS
(Survei di Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor)
(2019)
Fransisca Natalia Desilva
ABSTRAK
Penelitian survei ini bertujuan untuk memperoleh data empirik mengenai persepsi guru sekolah dasar mengenai anak berkebutuhan khusus di kecamatan Citeureup. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 60 guru sekolah dasar yang tersebar di 6 sekolah dasar negeri yang berada di kecamatan Citeureup. Dalam mengambil sampel peneliti menggunakan teknik random sampling dan hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif serta pengelompokkan hasil dibagi menjadi dua yaitu benar dan salah. Hasil penelitian menunjukkan dimana setengah responden yaitu 29 guru (48%) berada pada perepsi yang salah sedangkan lebih dari setengah responden berada pada kelompok guru yang memiliki persepsi yang benar, yakni 31 (52%) guru. Diperlukan pelatihan serta pembinaan agar kedepannya guru-guru memiliki persepsi yang baik mengenai anak berkebutuhan khusus. Diharapkan ke depannya pemerintah dapat memberikan pelatihan yang tepat untuk guru sekolah dasar agar dapat memberikan layanan pendidikan yang tepat untuk anak berkebutuhan khusus di sekolah reguler.
Kata Kunci: Persepsi, Guru Sekolah Dasar, Anak Berkebutuhan Khusus
SS00019574 | SK 19574 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.006) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain