Text
Meningkatkan kemampuan membaca pemahaman peserta didik tunagrahita ringan melalui media komik : penelitian tindakan di kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 232 Jakarta Timur
MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN MELALUI MEDIA KOMIK
(Penelitian Tindakan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 232 Jakarta Timur)
(2019)
Vitia Cahyanti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dengan menggunakan media komik pada peserta didik tunagrahita ringan kelas VII di SMP N 232 Jakarta Timur yang dilaksanakan pada bulan Juli 2018 sampai dengan penelitian dilaporkan. Subjek penelitian adalah peserta didik didik kelas VII yang berjumlah enam peserta didik. Fokus penelitian adalah peningkatan kemampuan membaca pemahaman literal. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart yang setiap siklusnya terdiri dari 3 tahap yaitu, tahap perencanaan, tindakan dengan pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus yang terdiri dari 5 pertemuan pada setiap siklusnya. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan membaca dalam penelitian ini mengalami peningkatan, peningkatan terlihat mulai dari siklus I dan siklus II serta pada proses pembelajaran peserta didik terlihat aktif dan cukup antusias menggunakan media komik. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan media komik dapat digunakan pada saat proses pembelajaran bahasa Indonesia untuk membantu peserta didik dalam kegiatan membaca pemahaman.
Kata Kunci: media komik, membaca pemahaman, tunagrahita ringan
SS00019551 | SK 19551 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain