Text
Pengembangan video dokumenter mengenai role model yang memiliki employability skill untuk peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 14 Jakarta
PENGEMBANGAN VIDEO DOKUMENTER MENGENAI ROLE MODEL
YANG MEMILIKI EMPLOYABILITY SKILLS UNTUK PESERTA DIDIK
KELAS XII IPS SMA NEGERI 14 JAKARTA
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berupa video
dokumenter mengenai role model yang memiliki employability skills. Penelitian ini
ditujukan kepada peserta didik kelas XII IPS SMA Negeri 14 Jakarta. Jumlah
populasi pada penelitian ini sebanyak 72 orang peserta didik. Teknik sampling yang
digunakan adalah sampling jenuh dengan jumlah sampel 72 orang peserta didik.
Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode research and
development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, dan Evaluation). Adapun tahapan pengembangan
yang dilakukan peneliti yaitu tahap analisis, desain, dan pengembangan. Video
dokumenter ini memuat informasi mengenai definisi, ciri-ciri individu yang
memiliki keterampilan tersebut, dan urgensi keterampilan tersebut dalam
dunia karier pada keterampilan manajemen diri, komunikasi, kepemimpinan,
kecerdasan emosional, kerjasama, keberanian berusaha, kesadaran pada
karier, keterampilan menyelesaikan masalah, keterampilan mengelola
teknologi dan informasi, dan keterampilan matematik. Penilaian produk
dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media, ahli materi, dan peserta didik.
Berdasarkan penilaian media yang telah dilakukan, diperoleh hasil uji validitas media
81,25% dan termasuk kategori layak. Uji validitas materi memperoleh hasil 77,56%
dan termasuk kategori layak. Serta penilaian peserta didik memperoleh hasil 71,25%
dan termasuk kategori layak.
Kata Kunci : Pengembangan, research and development, Model ADDIE,
video, karier, keterampilan kerja.
SS00019591 | SK 19591 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain