Text
Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas V di SD Negeri Kelurahan Mangun Jaya Tambun Selatan Bekasi : studi eksperimen di SD Kelurahan Mangun Jaya, Bekasi
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD TERHADAP HASIL BELAJAR MUATAN IPA PADA SISWA KELAS V DI SD NEGERI KELURAHAN MANGUN JAYA TAMBUN SELATAN BEKASI.
(2019)
Intan Prastiawati
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model kooperatif tipe STAD terhadap penguasaan materi IPA pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian yang digunakan ialah eksperimen, dengan desain Posttest Control Group. Sampel pada penelitian ini berjumlah 25 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil menggunakan simple random sampling yang terbagi menjadi dua kelompok, yaitu kelas eksperimen menggunakan model kooperatif tipe STAD dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori. Data dikumpulkan dengan soal pilihan ganda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan analisis deskiptif dan statistik uji-t, diperoleh hasil hitung (2,538348) > (1,084) sehingga ditolak dan diterima, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari penggunaan model cooperative tipe STAD terhadap hasil belajar muatan IPA pada siswa kelas V di SD Negeri Kelurahan Mangun Jaya Tambun Selatan Bekasi.
Kata Kunci: Model Kooperatif Tipe STAD, Hasil Belajar IPA
SS00019590 | SK 19590 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain