Text
Pengaruh kompetensi sosial tutor terhadap partisipasi belajar peserta didik paket B kelas IX pada mata pelajaran bahasa Indonesia di PKBM Negeri 21 Jakarta
PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL TUTOR TERHADAP PARTISIPASI BELAJAR PESERTA DIDIK PAKET B KELAS IX PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI PKBM NEGERI 21 JAKARTA
(2019)
Nadya Fadhila Ekashanti
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kompetensi sosial tutor terhadap partisipasi belajar peserta didik kelas IX program paket B dalam pembelajaran bahasa indonesia di PKBM Negeri 21 Tebet Jakarta Selatan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kolerasional.Teknik pengumpulan data menggunakan angket/kuisioner sebagai pengumpulan data yang terlebih dahulu dilakukan validitas, normalitas dan linearitas datanya. Penelitian ini menggunakan sampel peserta didik kelas IX di PKBM Negeri 21 Jakarta sebanyak 40 orang sebagai responden. Hasil penelitian yang diperoleh menujukkan bahwa kedua variabel memiliki pengaruh yang cukup signifikan. Hal ini diperoleh dengan bantuan SPSS 20.0 melalui perhitungan Uji t dengan hasil yaitu
SS00019582 | SK 19582 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain