Text
Pengaruh penggunaan media kantong bilangan terhadap kemampuan matematika pokok bahasan penjumlahan pada peserta didik tunarungu kelas V SLBN Tanggamus Lampung : single subject research di SLBN Tanggamus Lampung
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KANTONG BILANGAN TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN PENJUMLAHAN PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS V SLBN TANGGAMUS LAMPUNG
(2019)
ESTI NOVELA HARDIANI
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh media kantong bilangan terhadap kemampuan penjumlahan pada peserta didik Tunarungu di SLBN Tanggamus Lampung. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang siswa Tunarungu kelas V. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan tes berupa soal-soal penjumlahan dengan menggunakan persentase. Metode yang digunakan adalah Single Subject Research, dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan proses selama belajar penjumlahan serta pengambilan skor dari latihan soal-soal penjumlahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kantong bilangan dapat memberikan pengaruh terhadap kemampuan penjumlahan pada peserta didik Tunarungu yang diperoleh dari data pada saat intervensi dan baseline A2. Hasil ini menunjukkan bahwa media kantong bilangan dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan menjumlah dengan teknik menyimpan dan rasa tertarik peserta didik tunarungu pada proses pembelajaran penjumlahan. Oleh sebab itu, media kantong bilangan dapat digunakan sebagai salah satu media untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan peserta didik tunarungu.
Kata kunci: penjumlahan, tunarungu, kantong bilangan.
SS00019538 | SK 19538 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain