Text
Pengaruh bermain dengan media kartu huruf dari ampelas (sandpaper letter) terhadap kemampuan membaca anak usia 5-6 tahun : penelitian eksperimen di RA Ar-Ridho, Jakarta Timur
PENGARUH BERMAIN KARTU HURUF DARI AMPELAS TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK KELOMPOK B USIA 5-6 TAHUN
(Penelitian Eksperimen di RA Ar-Ridho, Jakarta Selatan)
(2019)
Mutiara Ramandhini
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain kartu huruf dari ampelas terhadap kemampuan membaca anak kelompok B usia 5-6 tahun. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa RA Ar-Ridho Kelurahan Pesanggerahan, Jakarta Selatan sebanyak 32 anak, yaitu 16 anak kelompok eksperimen dan 16 anak kelompok kontrol. Pengambilan sampel menggunakan Cluster Sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pos Tes Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, dan dokumentasi. Teknik analiis yang dilakukan adalah menggunakan Uji-t. berdasarkan hasil pengujian hipotesis menggunakan Uji-t, maka diperoleh harga thitung = 0,764 dan harga ttabel = 0,456, dengan nilai dk = 26 pada taraf signifikan = 0,05. Dari hasil tersebut diketahui bahwa thitung > ttabel, sehingga dapat disimpulkan bahwa melalui bermain kartu huruf dari ampelas dapat menstimulasi kemampuan membaca anak kelompok B usia 5-6 tahun di RA Ar-Ridho, Jakarta Selatan. Implikasi dari penelitian ini adalah kegiatan kartu huruf dari ampelas dapat dijadikan sebagai kegiatan dalam meningkatkan atau menstimulasi kemampuan membaca anak kelompok B usia 5-6 tahun.
Kata kunci: Kemampuan Membaca, Bermain Kartu Huruf dari Ampelas
SS00019536 | SK 19536 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain