Text
Pengaruh metode kupas rangkai suku kata terhadap kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas IV : single subject research di Nufa Islamic Education Center, Bekasi
Pengaruh Metode Kupas Rangkai Suku Kata Terhadap Kemampuan
Membaca Permulaan Siswa Tunagrahita Kelas IV
( Single Subject Research di Nufa Islamic Education Center, Bekasi)
(2019)
Arfiena Nurul Fajriah
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode kupas
rangkai suku kata dapat memberikan pengaruh dalam meningkatkan
kemampuan membaca permulaan siswa tunagrahita kelas IV. Metode yang
digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan subjek tunggal.
Desain penelitian yang digunakan adalah A-B-A. Pengumpulan data dilakukan
dengan teknik tes secara lisan dengan melihat hasil berapa banyak jumlah kata
yang dibaca oleh siswa dengan benar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
perilaku membaca permulaan pada kata dengan huruf digraf “ng” dan “ny”
pada siswa tunagrahita mengalami peningkatan dari kondisi baseline awal ke
kondisi baseline akhir, terutama pada kemampuan membaca huruf digraf “ny”
di tengah kata. Sehingga dapat disimpulkan bahwa metode kupas rangkai suku
kata memberikan pengaruh dalam meningkatkan kemampuan membaca
permulaan siswa tunagrahita dan dapat digunakan sebagai alternatif pada
metode pembelajaran di Nufa Islamic Education Center, Bekasi.
Kata Kunci : Membaca Permulaan, Metode kupas rangkai suku kata,
tunagrahita.
SS00019503 | SK 19503 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain