Text
Pengaruh buku aktivitas matematika (Bu Tika) terhadap peningkatan kemampuan menjumlah pada peserta didik lamban belajar : single subject research di SDIT Al-Izzah Bekasi
PENGARUH BUKU AKTIVITAS MATEMATIKA (BU TIKA) TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN MENJUMLAH PADA PESERTA DIDIK LAMBAN BELAJAR
(Single Subject Research di SDIT Al-Izzah, Bekasi)
(2018)
Umniati Nibras Imani
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari Buku Aktivitas Matematika (Bu Tika) sebagai media belajar untuk meningkatkan kemampuan menjumlah pada peserta didik lamban belajar di SDIT Al-Izzah. Metode penelitian yang digunakan adalah single subject research dengan desain A-B-A. Pengumpulan data dilakukan menggunakan lembar soal dengan menghitung jumlah soal yang dikerjakan dengan benar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan jumlah soal yang dikerjakan dengan benar pada peserta didik lamban belajar dari kondisi baseline awal hingga baseline ke-2, yaitu dengan kenaikan rata-rata 4 poin. Dengan meningkatnya jumlah rata-rata soal yang dikerjakan dengan benar, maka kemampuan menjumlah peserta didik dapat dikatakan mengalami peningkatan. Hasil ini menunjukkan bahwa prosedur penggunaan Buku Aktivitas Matematika (Bu Tika) sebagai media belajar memiliki pengaruh yang cukup baik terhadap peningkatan kemampuan menjumlah peserta didik dengan lamban belajar dan dapat digunakan sebagai salah satu media alternatif dalam proses pembelajaran penjumlahan.
Kata kunci : menjumlah, lamban belajar, media belajar.
SS00019504 | SK 19504 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain