Text
Penggunaan media video tutorial manajemen waktu di SMK Negeri 31 Jakarta Pusat
PENGGUNAAN MEDIA VIDEO TUTORIAL MANAJEMEN WAKTU DI SMK NEGERI 31 JAKARTA PUSAT
(2019)
Rizky Windiantari
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk hipotetik berupa media pembelajaran video tutorial tentang manajemen waktu bagi kelas X di SMKN 31 Jakarta. Melihat kurangnya informasi manajemen waktu serta efektivitas media yang digunakan guru Bimbingan dan Konseling, mendorong peneliti untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih menarik.Model penelitian yang digunakan merupakan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Adapun tahapan model pengembangan yang dilakukan adalah analisis, desain dan pengembangan. Namun, tahapan yang dilakukan hanya sampai pada tahap pengembangan. Hasil penelitian ini menunjukkan video tutorial manajemen waktu yang dikembangkan berdurasi 6 menit dan berisi cara manajemen waktu. Hasil penilaian media dilakukan oleh validator yang terdiri dari ahli media dan ahli materi. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa hasil evaluasi formatif yang dilakukan oleh ahli media 88.33% dan penilaian ahli materi 95%. Dengan demikian dapat disimpulkan media video tutorial manajemen waktu dikategorikan sangat baik pada pengembangan media. Penelitian ini tidak melakukan evaluasi sumatif kepada peserta didik sehigga menjadi keterbatasan dalam penelitian.
Kata Kunci: Pengembangan, Model ADDIE, Manajemen Waktu, Video Tutorial.
SS00019517 | SK 19517 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.005) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain