Text
Pengembangan video tutorial mengenai pemahaman strategi gaya belajar pada peserta didik SMAN 4 Kabupaten Tangerang
PENGEMBANGAN VIDEO TUTORIAL MENGENAI PEMAHAMAN
STRATEGI GAYA BELAJAR PADA PESERTA DIDIK SMAN 4
KABUPATEN TANGERANG
(2019)
Kevin Archie Luciano
ABSTRAK
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan Video Tutorial Mengenai
Pemahaman Strategi Gaya Belajar pada Peserta Didik kelas XI SMA Negeri
4 Kabupaten Tangerang. Penelitian ini termasuk dalam Research and
Development (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (Analyze, Design,
Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMA
Negeri 4 Kabupaten Tangerang dengan menggunakan metode random
sampling. subjek penelitian kelas XI yang berjumlah 80 peserta didik.
Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara dan penyebaran
angket kepada peserta didik. Hasil uji validasi ahli media pertama persentase
sebesar 89% (Sangat layak), uji validasi ahli media kedua persentase 94%
(Sangat layak), uji validasi ahli materi pertama persentase sebesar 79%
(Sangat layak) dan ahli konten kedua persentase sebesar 96% (Sangat
layak). Hasil uji coba pada kelompok kecil persentase sebesar 92% (Sangat
layak) pada penilaian media dan 96% (Sangat layak) pada ketercapaian
tujuan intruksional. Video tutorial mengenai strategi penerapan pemahaman
gaya belajar pada peserta didik SMAN 4 Kabupaten Tangerang dapat
dinyatakan “Sangat Layak”. Video tutorial ini berisi tentang definisi, ciri-ciri,
serta strategi-strategi gaya belajar.
Kata Kunci: Pengembangan, Model ADDIE, Video Tutorial, Gaya Belajar
SS00019519 | SK 19519 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain