Text
Keterampilan sosial pada siswa yang memiliki prestasi tinggi dalam bidang akademik di kelas XI : survei di SMA Suluh Jakarta
KETERAMPILAN SOSIAL PADA SISWA YANG BERPRESTASI TINGGI
DALAM BIDANG AKADEMIK PADA KELAS XI
(Survey Di SMA Suluh Jakarta)
(2019)
Hasri Anisa Lestari
ABSTRAK
Penelitian survey ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Keterampilan sosial pada siswa yang berprestasi tinggi dalam bidang akademik di SMA Suluh Jakarta. Sampel pada penelitian ini berjumlah 40 siswa dengan kategori siswa-siswi yang berprestasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan deskriptif dan jenis penelitian kuantitatif yaitu, meneliti sampel tertentu dengan menggunakan instrumen penelitian yang dilakukan secara random. Pengumpulan data menggunaan angket berisi 47 butir pernyataan yang berasal dari teori terkait Keterampilan sosial dari Caldarella dan Marrel tahun 1997. Hasil uji validitas dikonsultasikan dengan r tabel 0,334. Sedangkan untuk uji reliabilitas didapat 0,825 yang artinya sangat reliabel dan dapat dipercaya. Hasil penelitian dari profil Keterampilan sosial pada siswa yang berprestasi tinggi dalam bidang akademik di SMA Suluh Jakarta berada pada kategori sedang cenderung rendah. Artinya peserta didik memiliki keterampilan sosial kurang dalam hubungan teman sebaya.
Kata Kunci: Keterampilan sosial, Siswa berprestasi
SS00019508 | SK 19508 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.01.2019.007) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain