Text
Curricular alignment in English teachers' lesson plans terms of bloom's revised taxonomy of cognitive domain
ABSTRAK
Katitah Kersaning Gusti. Keselarasan Instruksional dalam RPP Guru Bahasa Inggris bedasarkan Dimensi Kognitif Revisi Taksonomi Bloom. Jakarta. Febuari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil keselarasan instruksional dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ini diperoleh dari guru Bahasa Inggris SMPN 255 Jakarta dan direkomendasikan oleh kepala sekolah bersangkutan. Penelitian Kualitatif ini menggunakan analisis isi deduktif sebagai metode penelitian. Data terdiri atas 28 pernyataan indikator capaian kompetensi, 62 unit kegiatan pembelajaran dan 18 tugas penilaian dalam jangkauan kognitif Taksonomi Bloom. Tabel BRT dari Anderson dan Krathwohl (2001) diterapkan untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa keseluruhan capaian kompetensi siswa dideskripsikan pada level A2 (Memahami, Pengetahuan Faktual) dengan 25%, kegiatan pembelajaran dideskripsikan pada B2 (Memahami, Pengetahuan Konseptual) dengan 32%, dan tugas penilaian dideskripsikan pada A2 (Memahami, Pengetahuan Faktual) dengan 28%. Sementara itu, keselarasan instruksi dalam 5 RPP hanya ditemukan 1 (20%) RPP dengan keselarasan total, 3 (60%) RPP dengan keselarasan sebagian dan 1 (20%) dengan ketidakselarasan total. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa keselarasan dalam RPP guru masih rendah, dibuktikan dengan ketidaksejalanannya dengan salah satu sub kompetensi pedagogic yang wajib dimiliki oleh setiap guru yaitu “merencanakan pembelajaran secara sistematis” sebagai dasar dalam pembelajaran.
Kata kunci: Keselarasan Instruksional, Indikator Capaian Kompetensi, Kegiatan Pembelajaran, Tugas Penilaian, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Revisi Taksonomi Bloom, Kompetensi Pedagogik Guru
SS00019608 | SK 19608 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain