Text
Pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan berbasis genre terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas VIII SMP Islam Darussalam
ABSTRAK
Marini Razanah, Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Pendekatan Berbasis Genre Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Islam Darussalam. Skripsi. Jakarta: Fakultas Bahasa dan Seni. Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan Berbasis Genre Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksplanasi Siswa Kelas VIII SMP Islam Darussalam. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Islam Darussalam Bekasi pada semester gasal genap tahun ajaran 2017-2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pratest-Pascatest Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa yang tercatat sebagai kelas VIII SMP Islam Darussalam Bekasi. Pengambilan sampel dilakukan secara acak atau random sampling. Jumlah sampel sebanyak 48 siswa. Rincian sampel kelas eksperimen berjumlah 24 siswa dan kelas kontrol berjumlah 24 siswa. Jumlah siswa yang mencapai batas lulus (KKM) yaitu 65 sebanyak 54% sedangkan siswa yang tidak mencapai batas lulus (KKM) sebanyak 46%. Hasil analisis data dengan uji-t diperoleh thitung sebesar 4,573, sedangkan ttabel sebesar 2,074 dengan taraf nyata 0,05 pada dk= 46 untuk uji dua pihak. Oleh karena itu uji-t menunjukkan bahwa thitung>ttabel, maka hipotesis diterima. Persentase tertinggi pada kemampuan menulis teks eksplanasi tedapat pada 10 aspek, yaitu pernyataan umum, deretan penjelas, interpretasi, fenomena alam dan sosial, kelogisan, istilah ilmiah, keruntutan, diksi, konjungsi, EYD dan tanda baca. Dengan demikian, terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan berbasis genre terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Islam Darussalam Bekasi. Oleh sebab itu model pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan berbasis genre dapat diimplikasikan pada pembelajaran teks eksposisi kompetensi 3.5 dan 4.5 dikarenakan memiliki kemiripan dalam struktur teks.
Kata kunci: model pembelajaran berbasis masalah, pendekatan berbasis genre, kemampuan menulis teks eksplanasi.
SS00019607 | SK 19607 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.002) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain