Text
Pengaruh metode think pair share dengan media webtoon terhadap keterampilan menulis teks drama satu babak pada siswa kelas XI MAN 3 Jakarta
ABSTRAK
Satria Arif Nugraha, Pengaruh Metode Think Pair Share dengan Media
Webtoon terhadap Keterampilan Menulis Teks Drama Satu Babak pada Siswa
Kelas XI MAN 3 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia,
Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta, Januari 2019.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode think pair share
dengan media webtoon terhadap keterampilan menulis teks drama satu babak,
khususnya pada siswa kelas XI MAN 3 Jakarta. Penelitian ini dilakukan di MAN
3 Jakarta pada semester ganjil tahun ajaran 2018-2019, tepatnya pada bulan Juli
2018. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Pengambilan sampel
dilakukan secara acak untuk mendapatkan satu kelas eksperimen dan satu kelas
kontrol. Tiap kelas terdiri atas 30 siswa. Uji persyaratan analis dilakukan melalui
uji normalitas, dan uji homogenitas. Untuk uji normalitas digunakan uji Lilifors.
Dari hasil perhitungan, diperoleh Lo untuk kelas eksperimen sebesar 0,138 dan Lo
untuk kelas kontrol sebesar 0,128. Lt yang didapat pada taraf signifikan 0,05
sebesar 0,161. Dapat disimpulkan bahwa data berdistribusi normal karena Lo
SS00019596 | SK 19596 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.004) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain