Text
Pengaruh penggunaan metode task based learning terhadap kemampuan menulis bahasa Prancis siswa kelas XI 1 SMAN 9 Bekasi
ABSTRAK
DIAN PUTRI UTAMI. 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Task-based Learning Terhadap Kemampuan Menulis Bahasa Prancis Siswa Kelas XI MIA 1 SMAN 9 Bekasi. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode Task based learning terhadap kemampuan menulis bahasa Prancis pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 9 Bekasi. Terdapat dua variabel dalam penelitian ini yaitu metode Task based learning sebagai variabel X dan kemampuan menulis bahasa Prancis sebagai variabel Y.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode penelitian Pre-experimental Design. Desain yang digunakan adalah one group pretest posttest design. Sampel yang diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling adalah siswa kelas XI MIA 1 yang berjumlah 32 orang. Pengumpulan data menggunakan tes yang diberikan kepada siswa pada awal pertemuan (pretest) dan pada akhir pertemuan (posttest) setelah diberikan pengajaran dengan metode Task based learning. Teknik analisis data menggunakan rumus uji-t Paired Samples T-test.
Hasil analisis data menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan pada penggunaan metode Task based learning terhadap kemampuan menulis bahasa Prancis pada siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 9 Bekasi. Hal tersebut dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan dengan bantuan program IBM SPSS 22 for windows. Dalam perhitungan tersebut, diperoleh hasil T-hitung adalah 7,887. Sedangkan, hasil T-tabel dengan n=31 adalah 2,040. Hal tersebut menunjukan bahwa T-hitung > T-tabel, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan metode Task based learning terhadap kemampuan menulis dalam bahasa Prancis diterima dan Ho yang menyatakan sebaliknya ditolak.
Kata Kunci : Kemampuan Menulis, Task Based Learning.
SS00019618 | SK 19618 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain