Text
Peningkatan kemampuan menari siswa melalui strategi pembelajaran ekspositori : penelitian tindakan pada siswa kelas VII-4 SMPN 243 Jakarta
ABSTRAK
Arianti Septiningtyas, 2019. Peningkatan Kemampuan Menari Siswa Melalu Strategi Pembelajaran Ekspositori (Penelitian Tindakan Pada Siswa Kelas VII-4 SMPN 243 Jakarta). Skripsi, Pendidikan Tari. Fakultas Bahasa dan Seni. Universitas Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil tentang penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk meningkatkan kemampuan menari siswa kelas VII-4 di SMPN 243 Jakarta dalam kegiatan Pelajaran seni tari.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan yang bertujuan untuk memperbaiki permasalahan yang ada dalam kegiatan pembelajaran tari di sekolah, dengan menerapkan desain model pembelajaran PTK Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan pengamatan, dan refleksi yang dilaksankan di SMPN 243 Jakarta. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kualitatif dan kuantitatif yang pengumpulan datanya menggunakan tes dan observasi.
Hasil penelitian menunjukan adanya nilai rata-rata pra-siklus kemampuan menari siswa mencapai 46%, kemudian pada akhir kegiatan tindakan siklus I yaitu pada pertemuan ke-8 dilakukan tes kemampuan menari dengan menggunakan instrument yang sama pada saat pre-test dan didapatkan dengan nilai rata-rata mencapai 64%, namun hasil yang di dapat sudah baik, sedangkan ada beberapa siswa yang masih harus ditingkatkan kembali pada siklus II, pada pertemuan terakhir diperoleh nilai rata-rata siklus II mencapai 80%. Hal ini menunjukan bahwa adanya peningkatan kemampuan menari siswa yang dapat dilakukan melalui penerapan strategi pembelajaran ekspositori dalam pembelajaran seni tari di kelas VII-4 SMPN 243 Jakarta.
Kata Kunci : Kemampuan Menari, Strategi Pembelajaran Ekspositori.
SS00019614 | SK 19614 | UPT Perpustakaan UNJ (CD.02.2019.001) | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain